10 Strategi Growth Hacking Yang Tidak Pernah Diajarkan Accelerator Startup



Strategi Growth Hacking bagi startup adalah fase penting dan sesuatu yang wajib. Karena Startup biasanya seperti virus dan bateri, cepat sekali tersebar dan di gunakan banyak orang dalam waktu singkat, berbeda dengan bisnis konvensional yang membuatuhkan waktu lebih lama untuk menarik user.

Baca : 3 Langkah Awal Growth Hacking Setelah Submit App di Play Store

Biasanya aplikasi mobile sederhana saya bisa mendapat traction user yang sangat besar, karena timing rilis yang tepat, dan audience yang tepat. Namun ada yang bikin mobile app nya lama banget gak rilis rilis begitu rilis gak ada yang pakai.

Baca : 3 Strategi Cerdas Startup Untuk Membangun Aplikasi Lebih Cepat
 
Salah strategi dan salah di tangan founder, startup bisa shutting down dalam hitungan bulan. tidak bisa mempertahankan cash flow, terlalu cepat bakar uang, dan tidak strategis dalam planning. Gagal fundraising dan produk di tolak market.

Berikut 10 Strategi Growth Hacking Yang Tidak Pernah Diajarkan Accelerator Startup yang bisa kalian lakukan untuk membangun startup kalian (Disclamer : Tips hanya tulisan saja kalau tidak action dari kalian)

1. Sedekah Pembuka Jalan Kemudahan.


Berbagi lah saat kalian mulai membangun bisnis, tidak akan miskin Startup yang mau bersedekah terutama kepada fakir miskin, anak yatim, musola, masjid, kegiatan umat, (apapun agama kalian). Tidak ada harta yang hilang karena sedekah.

Baca : Trust Me! Strategi Ini Akan Membuat App mu 5X lebih Cepat Go to Market


Semoga dengan fase pertama ini kalian bisa segera mendapat bantuan dari venture capital. Rejeki kalian justru akan terbuka. Ketika kalian memberikan diskon kepada user, anggaplah kaliaan sedang sedekah, percayalah tindakan terpuji akan memberikan impact yang kalian tidak bisa duga duga.

2. Terbiasa Sholat Dhuha Setiap Hari.


Jangan remehkan ibadah, disini saya tidak bermaksud mendriminasi agama, namun dalam ibadah akan membaca energi positif dalam membangun bisnis.  Percayalah solat dhuha adalah jalan kalian untuk memperlancar bisnis, sejago apapun kalian coding, kalau Tuhan tidak meridhoi usaha kalian pasti akan percuma

Baca : 5 Kondisi Ini Yang Membuat Codingmu Makin Professional
 
Budakan juga kepada karyawan dan team internal kalian untuk melaksanakan sholat dhuha sebelum melakukan aktifitas, kalian kehilangan 10 menit jatah coding untuk solat, tapi kalian akan dapat keberuntungan yang tidak terduga dari apa yang kalian tanam.

3. Membiasakan Solat Berjamaah ke Masjid.


Jadikan budaya di StartUp kalian, budaya ibadah yang baik, datangilah masjid saat adzan berkumandang. Ketika kalian ingat akan panggilan Allah SWT, doa kalian di kondisi apapun akan segera di ridhoi.

Baca :  StartUp Telat Gaji Karyawan - Lakukan Hal ini 

Segala kesulitan bisnis kalian akan mendapat jalan kemudahan, ketika kalaian di sibukan dengan coding, testing design, dan posting iklan kemana-kemana, cobalah untuk datang tepat waktu saat sholat. datangi majelis ilmu. Kalau kalian founder yang mungkin beragama kristen, katolik atau lainnya, suruhlah karyawan kalian yang beragama islam untuk sholat tepat waktu, ingat kan bila mereka lupa mengerjakan sholat. 


4. Organic Search untuk Jangka Panjang.


Plan in imemang jangka panjang, namun kalian harus konsisten. SEO adalah hal krusial, memang dampak nya tidak bisa di rasakan dlam hitungan menit, tapi kalian akan bisa berhemat ketika SEO membantu pertumbuhan listing kalian di mesin pencari.

Baca :  3 Langkah Awal Growth Hacking Setelah Submit App di Play Store

Cost marketing startup sangat tinggi, kalau harus mengandalkan paid ads, untuk itu posting lah konten SEO sebanyak mungkin kalau perlu buat difisi khusus untuk mengerjakan kegiatan ini.

5. Bermain di Content Marketing.


Mulailah hobi menulis, buatlah rutin posting konten (softselling) yang mencerikan produk kalian di semua press release (Medium,  Instructables, WikiHow) dan lain lain. Atau kalain juga bisa membuat blog sendiri di domain internal kalian.

Baca : 1000 Startup, Inilah 5 PR Kalian Selanjutnya


Sebarkan konten yang kalian bikin bisa berupa (teks, atau video) untuk melihat traction, kalian bisa sisipkan facebook pixel, cookie, atau apapun untuk melakukan retargeting. Berikan sesuatu yang bermanfaat buat orang lain.

6. Local Event dan Pameran Tech Startup.


Buatlah event - event kecil sesuai dengan market kalian, sering lah membuat acara khusus sebulan sekali atau dua bulan sekali, berikan materi materi yang bermanfaat, buat ajang perkumpulan agar kalian juga bisa bertemu langsung dengan para pengguna layanan kalian.

Baca : 3 Langkah Agar Penawaran Mobile App Anda di Terima Client


Sekalian kalian bisa mendata dan mengajak orang orang yang datang untuk menggunakan layanan kalian. Kalau event terlalu berat buat kalian, jadilah sponsor kecil kecil di acara-acara yagn relefan dengan Startup yang kalian bikin.

7. Pasang di eCommerce Besar atau Listing Bisnis Terbesar. 


Kalau kalian menjual produk fisik, seperti baju, peralatan elektronik, atau perangkat cerdas lainnya, namun masih di sektor teknologi, cobalah masukkan ke ecommerce besar seperti Lazada, Blanja.com, atau Zalora. Mereka sudah memiliki market dan user yang besar. Sehingga kemungkinan produk kalian bisa dipromokan ke jaringan mereka akan mempercepat penjualanmu.

Baca : 5 Kondisi Ini Yang Membuat Codingmu Makin Professional

Bila kalian memiliki produk digital, submit juga ke marketplace besar, misal kalian jago bikin theme wordpress, coba jual di Envato group. Kalian tinggal memanage produk dengan baik, melayani penjualan dan after sale service.

8. Partnership dengan Brand Besar.


Gunakan jangkar untuk menahan kapal, dan pake pukat harimau untuk menangkap ikan, itulah filosofi nalayan yang gak punya kapal sendiri, numpang kapal orang agar mereka bisa panen ikan bareng bareng kapal besar.

Kolaborasi lah dengan brand yang sudah di kenal publik. Dan memiliki kredibibiltas tinggi. Dengan bagitu kalian bisa ikut naik daun. Bayangkan bila Mobile Game App kalian di dukung oleh Brand Smartphone no 1 di Indonesia, untuk di jadikan fitur di smartphone mereka. Sehari kalian bisa dapet 100ribu download dalam waktu singkat.

9. Submit Press Release Baik Bayar atau Pendekatan Personal.


Tidak mudah masuk ke majalah majalah atau tech media, seperti techinasia, techcrunch, venturebeat dan lain lain.  Kalau terpaksa mereka tidak merespon maka bayar saja jasa ke orang yang mau publish ke media-media. (Disclamer : Baca paragraf selanjutnya, jangan langsung berasumsi negatif).

Baca : 5 Tantangan Developer Membangun Enterprise Mobile App

Namun bila kalin memiliki produk yang bagus, berdampak sosial tinggi, traction yang bagus, kalian tidak perlu mendatangi mereka, Media akan datang dengan sendirinya. Kalian tinggal pasang badan, untuk memilkat mereka buat lah pencitraan yang baik. Jangan membohongi media, dan terlalu blafing tak jelas. Realistis saja dalam menyebar press release.

10. Endorser ke Personal yang Memiliki Authority.


Tidak semua startup punya uang tebal. dan endorser itu tidak perlu harus artis, misal nih kalau jual stick glow in the dark yang biasa di pakai anak alay alay di konser-konser JKT48. Kalian bisa buzz lewat twitter nya @Poconggg yang punya 4juta follower.

Baca :  Malas Membaca Adalah Penyebab Awal Coding-mu Jorok

Jadi keep smart ajah untuk mencari endorser, yang penting kalian kenal, kamu bisa dapet gratisan kadang kadang. Balik lagi kan ke Tips No 1... Sedekah ajah lah biar kalian mudah rejeki nya...