3 Langkah Agar Penawaran Mobile App Anda di Terima Client



Deal dengan client tentunya hal yang kita tunggu tunggu.  Cash flow meningkat proses produksi selanjutnya pun bisa di tempuh. Namun sebagai seorang developer kita harus punya strategi agar penawaran mobile app yang kita develop bisa diterima oleh client.

Baca : 5 Tantangan Developer Membangun Enterprise Mobile App

Selain memikirkan proses deal marketing kita juga harus berstrategi dalam mendelivery layanan agar  mobile app yang di pesan bisa selesai tepat waktu. Beberapa professional developer menggunakan Mobile Backend as a Service untuk mempercepat durasi coding mereka, agar segera bisa di demokan dan mempercepat deal selanjutnya.

Baca : Benefit of Using Mobile Backend as a Service Provider for Enterprise

Simak 3 Langkah Penting yang sudah banyak dilakukan developer developer profesional dalam membangun layanan.

1. Perhatikan Permasalahan Internal Client.


Temukan permasalahan utama mereka, dan berikan solusi yang tepat. Bandingkan kondisi sebelum dan sesudah ketika mobile app yang kalian buat akan di buat. Jangan sampai kondisi akhir menyebabkan memborosan biaya bagi mereka.

Baca : 5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Jangan buat masalah baru dengan memperbanyak fitur tapi apa yang kalian buat sama sekali tidak menyelesaikan masalah internal client. Cerdik lah dalam membaca situasi saat melakukan presentasi, kenali perusahaan tersebut lebih jauh dan detail. 

 

 2. Pahami Audiens Mereka.


Perhatikan gelagat gerak tubuh mereka. Bila mereka sangat terbuka dengan apa yang kalian presentasikan dan di saat itu kondisi keuangan mereka sedang baik, sambutlah dengan harga yang sewajarnya.

Namun bila mereka membutuhkan solusi mobile app karena mereka sedang tercekik keuangan, berstrategi lah dalam memberikan harga. Bisa jadi setengah jalan kalian tidak akan di bayar penuh karena mereka kehabisan uang.

3. Anggaran Dana yang Tepat.



Buatlah harga yang realistis. Bila kalian membangun dengan price yang mahal perhatina value apa yang akan client dapat bila kalian. Jangan hanya buka harga mahal tapi kalian sama sekali tidak memberikan dampak apapun.

Baca : Tips : Memilih Layanan Mobile Backend as a Service (mBaas)

Dan hindari overkill, atau membuatkan fitur yang berlebih hanya untuk mengejar harga aplikasi kalian yang terlalu mahal.  Seorang professional developer terlihat dari mereka melakuakn solving problem dan memastikan mereka bisa menjawab permasalah client.

Perhatikan juga, bahwa client biasa melakukan compare harga dengan developer lainnya, jadi kalian harus tetp berstrategi dalam hal harga. Tetap bersaing namun tetap kerena dalam delivery layanan.