3 Langkah Awal Growth Hacking Setelah Submit App di Play Store



Selesai merilis applikasi dan mengupload nya ke app store adalah salah satu hal yang menggembirakan, namun sayang nya perjuangan coding kalian belum berhenti. selain terus melakukan pengukuran terhadap pertumbuhan, kalin memasuki babak baru yang di namakan "Marketing".

Baca : 5 Strategy Tips Before You Launch Your Mobile Apps

Belum lagi kalian harus membangun infrastruktur cloud backend. Kurangi hal hal teknis yang membuat kalian sibuk seperti menyiapkan Mobile Backend as a Service. Bila kalian memulai membangun nya mulai dari 0, kondisi akan sangat sulit, waktu kalian habis hanya untuk perkara teknis.

Submit ke Komunitas yang Relefan


Masuklah ke komunitas game bila kalian membuat game, selain itu pahami market game kalian, misal game kalian adalah genre pembelajaran anak anak, maka bertemulah dengan arisan ibu ibu atau PKK di sekitaran kalian, agar ibu ibu mendownload kan game itu untuk anak nya.

Secara logika anak usia 3-4 tahun belum paham menggunakan, tapi di trigger dari ibunya. Dan ibu nya lah yang akan membelikan in app purchase item dalam game tersebut.

Baca : Mobile Game Backend as a Service Provider

Selain itu benahi sisi UI/UX kalian, datanglah ke komunitas UI/UX untuk mendapat masukan. hal ini penting agar kalian bisa mendapatkan insight. Selain itu kalian bisa menggunakan game backend as a service untuk mempersingkat integrasi dengan server.

 

Ajak Endorser yang Satu Niche


Endorser tidak harus artis guys. tapi teman kalian yang mungkin memiliki kesukaan yang sama. Paling tidak dia punya 5000 friendlist atau follower twitter lebih dari 100.000.  Selain itu rekan rekan dalam social media kalian yang memiliki anggota yang sangat aktif, atau dia memang trusted people yang expert dalam hal tertentu

Baca : 5 Important Tips Before You Develop Mobile Apps

Tawarkan kerja sama dengan mereka, dan berikan sesuatu yang gratis yang mereka bisa coba. Kemuadian pasang foto mereka untuk membuat argumen bahwa produk yang lain buat sudah dipakai kebanyakan orang.

 

Gunakan Blog Konten dengan LinkBait 



Baca : 5 Softskill Penting Bagi Developer Mobile Selain Coding
Buatlah sebuah blog yang mana kalian juga gunakan untuk menarik pendatang, untuk membaca penawaran yang kalian buat, termasuk untuk mendownload applikasi yang kalian buat. Gunakan metode linkbait untuk membuat persepsi orang cepat mengambil keputusan untuk membaca konten yang kalian buat.

Contoh :
- 10 Menit Panduan untuk Menurunkan 1 Kg Berat Badan Perhari. 

Bagi orang gemuk, title seperti itu sangat meningkatkan gairah mereka, buat lah satuan emosi agar orang penasaran dengan produk kalian. paling tidak ingin mengetahui lebih jauh apa yang sedang kalian buat.