3 Langkah untuk Meningkatkan Kinerja Mobile Aplikasi


Dalam merancang sebuah mobile aplikasi, Anda harus siap melakukan banyak pekerjaan. Bukan hanya tentang coding atau programming, Anda juga harus memahami apa yang pengguna inginkan. Apa yang ada di dalam aplikasi mobile, pasti akan mempengaruhi pengalaman pengguna Anda.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengembangkan aplikasi mobile adalah UI dan UX. Tampilan dari aplikasi Anda akan berdampak pada berapa lama pengguna akan menghabiskan waktu mereka di aplikasi Anda. Bahkan jika Anda bisa membuat mereka kembali dan menggunakan aplikasi Anda lagi, ini akan bermanfaat untuk rate aplikasi Anda.

Ketika situs atau aplikasi Anda lambat, 29% dari pengguna smartphone akan segera beralih ke situs lain atau aplikasi lain karena tidak memenuhi kebutuhan mereka (mereka tidak dapat menemukan informasi atau aplikasi lambat). Bahkan, dari mereka yang beralih, 70% melakukannya karena aplikasi loading terlalu lama. Di lain hal, 67% pengguna aplikasi akan beralih jika terlalu banyak langkah untuk membeli atau mendapatkan informasi yang diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips tentang 3 Langkah untuk Meningkatkan kinerja aplikasi mobile Anda! 

1. Menghilangkan Langkah yang Rumit 

Fungsionalitas aplikasi Anda sangat diperhitungkan. Semakin banyak langkah rumit yang Anda masukkan dalam aplikasi Anda, semakin besar kemungkinan pengguna untuk membuat kesalahan pada langkah tersebut.

Pikirkan tentang tujuan dari situs mobile atau aplikasi yang Anda bangun. Apakah Anda mencoba untuk membuat mobile commerce, form daftar, panggilan, atau kunjungan? Mulailah dengan tujuan itu dan pikirkan bagaimana Anda dapat memotong jumlah langkah pengguna agar lebih mudah untuk digunakan. Berikut adalah beberapa ide yang bisa kalian tiru.

2. Antisipasi Kebutuhan Pengguna

Antisipasi pengguna aplikasi Anda dengan cara mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda sebelum mereka mengklik tombol pencarian di aplikasi. Pertama, periksa konten aplikasi kalian dan analisa hasilnya. Apa yang pengguna Anda lakukan di situs atau aplikasi Anda? Kemudian pertimbangkan untuk menggabungkan hal berikut untuk meningkatkan kinerja aplikasi Anda:
Virgin America baru-baru ini memfokuskan aplikasi mobile mereka pada satu call to action sederhana: "pesan penerbangan" Mereka membuat ruang untuk satu call to action dengan mengarahkan pengguna jauh dari penawaran promosi atau gangguan proses pemesanan. Dengan hal ini, pelanggan mobile mereka dapat memesan penerbangan dua kali lebih cepat. Untuk perusahaan real estate Zillow, mengantisipasi kebutuhan berarti menerapkan fitur pencarian berbasis GPS di situs mobile dan aplikasi agar memungkinkan pemburu rumah untuk menemukan listing terdekat. Hasilnya adalah lebih banyak rumah yang dilihat oleh pengguna di tiap sesi.

3. Waktu Loading sangat Berpengaruh 

Bahkan ketika sebuah aplikasi memiliki desain UI yang hebat, pengguna tetap saja akan pergi jika aplikasi tersebut butyh waktu yang lama untuk loading. 
Buat aplikasi Anda menarik dengan mengacu pada poin di atas. Penggunaan Backend yang tepat juga dapat membantu Anda membangun aplikasi yang hebat.