3 Strategi Cerdas Startup Untuk Membangun Aplikasi Lebih Cepat



Dana terbatas, SDM terbatas adalah salah satu dari sekian banyak alasan sebuah startup ketika pertama kali didirikan. Ketahuilah bahwa dua hal tersebut menjadi acuan penting masalah internal yang harus kalian selesaikan terlebih dahulu.

Baca : 5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Setelah itu masih banyak hal yang harus kalian ketahui yaitu "marketing". Saat pertama kalian start, yang kalian lakukan ada murni coding dan hal hal teknis ruwet lainnya. Ketahui-lah kalian perlu percepatan waktu untuk merangkai solusi. Membuat iterasi market yang cepat, mendapatkan feedback dari user secepatnya. 

Untuk itu gunakan cara cara cerdas yang sudah kami surver di lebih 300 developer ternama, bagaimana mereka dalam waktu singkat bisa mendeliver layanan pertama mereka. Sebelum membuat layanan final. Perhatikan! langkah ini adalah fase awal untuk kalian bisa scale up lebih cepat.

1. Gunakan Mobile Backend as a Service 


Membangun database, instal OS di server, tambahin integrasi A, B, C dan lain lain. Terlalu ribet dari apa yang kalian buat. Apalah pake share hosting ecek-ecek. Udah gak standart lemot lagi. Akuilah hal hal teknis semacam itu bikin kehidupan kami semakin singkat (habis waktu).

Baca : Boost Your Android App With Mobile Backend as a Service

Gunakan Mobile Backend as a Service untuk semua itu, belum lagi kalian harus membuat dashboard dan lain lain, integrasi dengan push notification, management user. Kamu bisa habiskan 6 bulan hanya untuk itu, tapi App yang kalian bangun belum pernah di rasakan user, ditambah lagi kompetitor yang sudah rilis duluan.

Referensi : Tips : Memilih Layanan Mobile Backend as a Service (mBaas)

2. Gunakan Open Source Code


Belum tentu tingkat coding kalian udah expert. Saat argument kalian terpatahkan, belum tentu kalian coding dari awal dan dari 0 adalah keputusan terbaik. Ada banyak opensource code yang bisa kalian pakai untuk membuat layanan pertama.

Baca :  5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Ambilah opens source dan baca baik baik license yang di tawarkan, instal di server kalian, test ke-market, siapkan pembaharuan dari feedback user. Ingat! Groupon pakai wordpress saat awal-awal mereka dibangun.

3. Beli Material Element di Marketplace


Keluarkan sedikit duit dari kantong mu, tapi kalian punya impact membuat sesuatu lebih cepat. Membuat UI/UX misalnya, adalah hal yang lama, dan belum tentu apa yang kalian buat sudah menjawab masalah publik, apalagi kalau kalian tidak punya background desain yang baik. Beli lah element mobile app atau web app di themeforest, codecanyon dan lain lain.

Baca : 5 Tantangan Developer Membangun Enterprise Mobile App

Terlihat mahal sih, tapi kalian punya desain yang jauh lebih bagus, menghemat waktu. Kalau kalian lakukan 3 hal diatas kurang dari sebulan kalian bisa segera merilis app yang kalian bangun.

Jangan habiskan waktu sia sia kalian dan ketahui lah kalian belum tentu bisa mengerjakan semua sendirian. So be smart lebih baik....