5 Kondisi Ini Yang Membuat Codingmu Makin Professional




Menjadi professional pasti butuh proses. Dan kadang kalian gak suka dengan proses nya, Ingat yah, gak ada sesuatu yang instant, kalian perlu jam terbang tinggi untuk menajdi professional. Di gaji tinggi dan mampu membuat Startup digital yang mendunia.

Namun sayangnya tidak banyak programmer yang berhasil menjadi technopreneur. Karena ada banyak alasan klasik dimana kalian tidak serius dalam meniti karir, selain itu kalian tidak suka dalam belaajr hal hal yang detail. Lebih suka memilih tinggal pakai dan lain lain.

Kondisi ini lah yang bisa mendukung kalian menjadi lebih professional baik secara pribadi atau dalam membuat produk yang berkualitas, dan mendirikan startup yang luar biasa. Mulai lah dari hal hal kecil di bawah ini:

1. Dalam Status Jomblo.


Konten ini bukan bermaksud menghina, atau yang sudah menikah akhirnya tidak profesional dalam menjadi programmer, namun kalau kalian dalam kondisi jomblo, kamu punya banyak waktu untuk menelusuri halaman github, stackoverflow, dan lain lain nya, tanpa ada yang kalian risaukan.

Baca :  Tips : Memilih Layanan Mobile Backend as a Service (mBaas)

Kalian bisa berlama-lama belajar, dan fokus pada pekerjaan (kalau kalian sudah bekerja).  Jangan kira pacaran adalah jalan terbaik dalam menjalin hubungan, bisa jadi karir programmer kalian bisa lepas gara-gara kalian hanya sibuk berantem karena pacaran, lupakan hal hal yang gak penting. Kalau udah waktu nya nikah saja, gak usah pake pacaran. Lebih hemat dan lebih barokah.

2. Merantau dan Di Kondisi Mandiri.


Kalau saat ini kalian menggantungkan hidup sebgai programmer, startup, atau freelance coder, kondisi adalah yang paling populer kalian bisa melesat. Karena tidak sandara lain kecuali kamu sendiri dan Allah SWT. Namun diharapkan tetep minta doa kepada keluarga kalian di rumah.

Baca : 5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Manfaatkan kondisi ini untuk lebih fokus dalam belajar coding atau membuat layanan. Kamu bisa menyelesaikan tanpa ada yang nyuruh kalian nyabutin rumput dirumah, nyuruh pergi belanja ke pasar dan lain lain. Namun perhatikan kamu adalah orang sosial jangan terlalu egois, tapi yang se-wajarnya saja.

3. Dilingkungan yang Tepat.


Kalau kalian selalu bersama teman teman kerja atau teman kuliah yang cuma hore hore, alias hura-hura. Segera tinggal kan mereka. Carilah kawan-kawan yang setipe, kalau perlu kalian diantara para master master programming yang baik.

Baca : 5 Softskill Penting Bagi Developer Mobile Selain Coding 

Ikutlah komunitas komunitas programmer yang ramai dan ada banyak orang yang sharing. Dengan kondisi ini kalian akan jauh dari berbagai macam godaan. Selain itu kalian akan punya banyak opportunity saat berada di lingkungan yang tepat. Ikutlah meetup meetup startup dan event event penting lainnya apapun kondisinya.

4. Pantang pulang sebelum Kelar.


Karakter ini perlu dibagun, bila perlu kalian harus mengasah kemampuan kalian. Ikuti Hackathon serta ambil job yang memiliki resiko tinggi, seperti permintaan client yang meminta untuk aplikasinya selesai dalam hitungan kurang dari 2 minggu. 

Baca :  3 Strategi Cerdas Startup Untuk Membangun Aplikasi Lebih Cepat

Dimana kalian harus berfikir keras dan berstrategi serta lembur berhari hari, bukan masalah uang nya namun itu sebagai latihan kalian, ketika berada di kondisi kritis dan urgent. Hal ini seperti latihan sebelum perang yang dilakukan angkatan bersenjata.


5. Senantiasa Tidak Lupa akan Ibadah.


Biasakan kalian taat beribadah, rajin ke masjid, sering baca kitab suci dan bersedekah, jangan kira kalau kalian harus pergi ke masjid akan mengurangi waktu coding kalian, harusnya ini menjadi acuan kalian untuk bertindak lebih professional, dan mungkin Allah SWT akan memberikan kamu jalan kemudahan, fikiran jernih untuk membangun algoritma.

Baca 5 Kesalahan dari Mobile App Developer yang Harus Dihindari

Karena apapun yang kamu usahakan, bisa saja tidak ada keridhoan yang maha kuasa, Meskipun kalian bergerak di bidang teknologi, ibadah jangan sampai terlewat. Solat wajib serta datang majelis ilmu. Belajar ilmu agama untuk membentengi jiwa kalian. Agar kalaian kuat dalam menghadapi cobaan kehidupan.