5 Kriteria Mobile Apps yang Ramah untuk User


Pada akhir 2017, permintaan pasar untuk layanan pengembangan aplikasi mobile akan tumbuh setidaknya lima kali lebih cepat daripada kapasitas organisasi IT. Menurut Gartner, Inc. permintaan membuat lebih programmer untuk membuat lebih banyak aplikasi mobile yang ramah. Aplikasi mobile seharusnya membuat pelanggan mereka datang kembali dan meningkatkan konversi aplikasi yang lebih baik.

Dengan banyaknya aplikasi mobile yang diciptakan hari ini, permintaan pun semakin tinggi. Tidak hanya mobile aplikasi biasa, tetapi aplikasi yang efektif sehingga mampu menarik minat pengguna. Hal ini dapat dilihat bahwa aplikasi mobile saat ini kemungkinan tidak akan bertahan pasar jika mereka tidak memiliki antarmuka yang ramah untuk user.

Jika programmer tidak tahu cara membuat aplikasi yang ramah pengguna, aplikasi mereka tidak akan meningkatkan konversi. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang menciptakan user friendly aplikasi mobile, berikut adalah top 5 kriteria aplikasi mobile yang ramah pengguna.

1. Mudah Kembali ke Halaman Sebelumnya 

Ini mungkin terdengar sederhana, tapi tidak ada yang suka tap pada tombol Kembali tetapi mereka dibawa ke awal dan harus mulai dari awal lagi. Aplikasi harus sebisa mungkin memudahkan pengguna untuk kembali, tetapi tidak terlalu jauh di awal. Beberapa kasus bahkan membuat pengguna kesal karena mereka belum menyimpan beberapa data. Buatlah se sederhana mungkin agar pengguna tidak kesal dengan aplikasi Anda.
Baca Juga: Benefit of Using Mobile Backend as a Service

2. Sediakan Fitur Pencarian Manual

Ketika Anda dapat menemukan produk yang Anda cari hanya dengan mengetik kata pertama pada kotak pencarian, aplikasi ANda menjadi sederhana. Tapi fitur manual tidak begitu buruk juga. Misalnya adalah ketika Anda ingin mencari lokasi tetapi tidak di lokasi terdekat Anda. Ada kalanya pengguna harus menemukan toko yang tidak berada di dekatnya.

3. Tambah dan Edit Cara Pembayaran 

Memungkinkan pelanggan untuk memilih metode pembayaran mereka sendiri. Sediakan berbagai pilihan untuk memudahkan pelanggan Anda mengakses pembayaran. Pelanggan mampu mengedit dan menambahkan metode pembayaran yang mereka inginkan. Buat langkah pembayaran se sederhana mungkin agar tidak membuat pengguna bingung.

4. Registrasi yang Mudah 

Buat proses registrasi semudah mungkin. Registrasi yang rumit dapat menyebabkan kebingungan pada pengguna. Ini akan membuat aplikasi Anda kurang berharga dan mengurangi konversi aplikasi Anda.

5. Bahasa yang Mudah Dimengerti Pengguna 

Tentu saja Anda ingin membuat aplikasi yang berbeda dengan yang lain. Itu sebabnya Anda menempatkan bahasa yang berbeda atau istilah untuk membuat aplikasi anda unik. Istilah atau frase yang tidak diketahui akan pengguna kesulitan untuk memahami. Komunikasi bahasa yang jelas dapat mengubah aplikasi Anda lebih user friendly dan meningkatkan konversi.
Kebanyakan orang lebih memilih aplikasi menyenangkan yang mudah digunakan dibandingkan yang rumit. Kadang-kadang programmer terlalu bersemangat untuk menunjukkan setiap fitur canggih dalam aplikasi mereka, tetapi mereka lupa bahwa tidak semua orang mengerti apa yang mereka maksudkan. Tidak apa-apa untuk menunjukkan semua fitur canggih tetapi tidak pernah lupa bahwa pengguna Anda lebih memilih aplikasi yang user friendly.