Kuasai 5 Bahasa Programming dengan Rate Gaji Tertinggi


Data dari indeed.com diatas memperlihatkan bahwa programmer C masih menduduki peringkat teratas pencarian telent developer. Apalagi programming C menjadi dasar penting programming lainnya.

Kami mengulas dari berbagai sumber, ada 5 bahasa programming yang menduduki peringkat salary yang cukup fantastis. Komparasi ini adalah data dari US, namun kami juga membandingkan dengan perigkat pendapatan dari professional developer lokal yang ternyata tidak jauh berbeda.

Baca : 5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Developer Mobile App lokal jug aberpotensi memiliki salary yang fantastic. Karena secara quantity, professional Mobile Developer di Indonesia tidak terllau banyak.

Bukan hanya professional dalam masalah teknis coding saja, seorang profeesinal developer mampu melalu problem solving yang ada di kantor, membuat efisiensi SDM, menekan angka failure saat melakukan perubahan sistem.

Baca : 5 Kesalahan dari Mobile App Developer yang Harus Dihindari

5 Bahasa Pemprograman yang banyak dicari kebanyakan perusahaan  

pekerjaan software di US tumbuh 31% 2007-2012 - hampir 3x lebih cepat dari lowongan pekerjaan secara keseluruhan. Biro Statistik Tenaga Kerja AS memperkirakan pekerjaan pengembang software untuk terus tumbuh pada 22% dari tahun 2012 ~ 2022, dengan membayar rata-rata $ 95.510 untuk pengembang aplikasi perangkat lunak sebagai Mei 2014.

1. Javascript


JavaScript adalah bahasa terutama  client-side scripting language digunakan untuk pembangunan front-end. JavaScript kompatibel di semua browser dan digunakan untuk membuat aplikasi web interaktif, seringkali melalui perpustakaan seperti jQuery dan front-end kerangka kerja seperti AngularJS, Ember.js, React, dan banyak lagi.

2. Ruby

Dikembangkan untuk membuat developer yang produktif, Ruby dibuat populer oleh Ruby on Rails , full-stack web framework dioptimalkan untuk pemrograman yang lebih baik. Ruby on Rails adalah web framework open source yang dioptimalkan untuk kesenangan programmer dan menopang produktivitas. Siapa dibalik kesuksesan Ruby on Rails? Ruby on Rails telah dikembangkan pada tahun 2003 oleh David Heinemeier Hannson dan sejak saat itu diperluas oleh Rails Core Team dan lebih dari 3700 kontributor.

3. Phyton 

Python merupakan bahasa lain sangat dianjurkan untuk pemula, dan merupakan bahasa pengantar paling populer. Developer telah digunakan Python untuk membangun aplikasi desktop dan aplikasi web yang sama, dan memiliki alat-alat besar untuk data mining. Selain itu, Python sangat populer dengan masyarakat akademik untuk komputasi ilmiah, analisis data, dan bioinformatika.

4. Objective-C

Objective-C adalah lapisan yang dibangun pada bahasa C, sehingga statis, tetapi juga dapat digunakan untuk mengetik dinamis. Apple Swift adalah bahasa statis dirancang agar kompatibel dengan Objective-C, tapi static-typingyang membuatnya lebih tahan terhadap kesalahan.

5. Java

Sebagai bahasa umum, Java digunakan untuk membangun aplikasi Android, aplikasi desktop, dan games. Java juga biasa digunakan sebagai bahasa server-side untuk pengembangan backend tingkat perusahaan - 90 persen dari Fortune, 500 perusahaan menggunakan Java.

Developer Market Supply

Kebutuhan akan developer terutama untuk mobile app baik menggunakan mobile backend as a service atau developer yang membangun app startup dari 0 baik logic hingga infrastukurnya.

Saat ini Javascript seperti ReactNative juga bisa digunakan untuk programming mobile app, termasuk untuk backend dashboard, ReactJS dan AngularJS cukup kompeten untuk web dashboard.

Tinggi nya demand perusahaan akan developer yang mampu menguasai bahasa pemprogramman yang saat ini dianggap sulit, menjadi kan perlombaan hire developer semakin meningkat.

Rate Gaji Developer

Dari ulasan diatas, untuk menjadi developer profesional cukup membutuhkan jam terbang tinggi, serta kecakapan dalam melakukan eksekusi. Memperhatikan banyak hal dalam segala sisi, dan lihai dalam memperhatikan perkembangan kebutuhan fitur aplikasi.