5 Softskill Penting Bagi Developer Mobile Selain Coding




Coding adalah hal penting bagi seorang web atau mobile app developer, karena kemampuan teknis ini yang menjadi kompetensi penting bagi seorang startup atau indie developer dalam berjuang menghasilkan pundi pundi uang.

Diluar dari kelihaian dari seorang web atau mobile app developer, tentu harus di dukung kemampuan lainnya. Bagaimana seorang indie developer yang memiliki kemampuan membuat mobile app dan layanan lain nya ketika mereka ingin naik level menjadi startup atau perusahaan rintisan baru di bidang teknologi? selain kemampuan hal teknis sebagai dasar ada beberapa materi penting yang harus di kuasai oleh seorang calon startup preneur.

Baca :  5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Tidak hanya hal teknis saja, namun ketika anda berubah menjadi perusahaan startup, ada baiknya anda juga berstrategi dalam membangun layanan. Jangan membuat semua dari 0, karena anda butuh waktu panjang serta kemungkinan cost yang labih mahal, meskipun terlihat hal itu kecil nilai nya. Misalkan menggunakan Mobile Backend as a Service saat membangun Mobile App yang komprehensif.

5 Softskill Penting Bagi Developer Mobile Selain Coding yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Kecakapan dalam Melakukan Pitch.


Apakah hanya untuk pitch kepada investor? Tidak. Anda juga perlu bisa berpresentasi dengan baik di hadapan client anda. Meyakinkan orang untuk menggunakan jasa, layanan yang anda buat bukan perkara gampang.

Mulai lah dari hal yang kecil, latihkan presentasi anda ke kawan dekat yang dia tidak suka dengan produk anda, buat lah mereka percaya dan mau menggunakan aplikasi yang kamu buat termasuk menshare ke rekan lainnya.

2. Menyusun Pitch Deck 


Hal ini penting ketika anda akan melakukan fundraising  kepada pihak Venture Capital. Anda habisa membuat paparan yang kompleks dan masuk akal. Sebagian Venture Capital mungkin tidak perlu hitung hitungan rumit, mereka hanya dibutuhkan projeksi dan strategi yang baik dalam menghasilkan keuntungan.

3. Mensajikan Solusi yang Tepat



Smart Solution lebih penting dari sekedar overkill solution, tidak perlu terlalu high tech untuk menyelesaikan masalah yang sepele, atau kadang malah membuat over cost dalam sebuah layanan. Buat lah solusi yang ringkas tapi sangat powerful bagi pelanggan.

Mereka bisa menekan cost dan penghematan seperlunya, dan mau membayar lebih mahal karena layanan tambahan yang bisa membuat mereka lebih nyaman. 

4. Suka akan Networking


Rajinlah datang di acara tech startup, subscribe lah salah satu layanan atau ikuti group group startup yang ada, jangan lupa jadi lah member di salah satu komunitas startup.

Karena dari sana Anda bsia berkenalan dengan banyak orang, mudah mengenal orang dan tempat yang tepat untuk melakukan soft selling kepada orang lain. Bangun lah kredibilitas anda di mata orang lain, ikut berkontribusi dalam kounitas adalah hal yang baik.

5. Sering Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman


Github adalah salah satu platfrom yang sangat penting, anda bisa membangun kredibilitas sebgai seorang developer dari membagi source code ringan untuk banyak orang.

Seringlah berbagi pengetahuan melalu webinar, atau live chat di social media anda. Hal ini akan membantu menaikan kredibilitas personal anda, atau layanan yang sedang anda bangun.

Good Job Guys....