5 Tantangan Developer Membangun Enterprise Mobile App



5 Tantangan Developer Membangun Enterprise Mobile App  yang harus diperhatikan, perusahaan yang sukses aplikasi mobile bukanlah tugas yang mudah. Di sini, kita membahas perubahan dan kebutuhan menantang perusahaan, dan bagaimana pengembang aplikasi dapat lebih baik melayani mereka.

Tantangan 1: Fragmentasi Perangkat dan Sistem Operasi


Ada sejumlah besar fragmentasi perangkat dan sistem operasi saat ini di pasar. Sebagai pengembang aplikasi seluler perusahaan, tantangan pertama Anda adalah memilih antara tiga platform yang paling umum (iOS, Android dan Windows) ketika membuat sebuah aplikasi untuk klien Anda yang pada gilirannya perlu menjangkau klien mereka sendiri.


Sebagai developer , Anda jelas ingin datang dengan sebuah aplikasi dengan konfigurasi dan kemampuan yang kompatibel dengan vendor yang relevan. Di sisi lain, Anda harus menjaga kebutuhan klien Anda dalam pikiran.

 

Tantangan 2 : Membangun Arsitektur Cloud Server


Selain fokus pada logic Mobile App yang Anda bangun. Perhatikan kemampuan server yang anda pakai. Selain itu mobile developer sering kali membuat environtment server mulai 0. Sayang nya hal ini terllau membuang banyak waktu. Kebaanyakan mobile developer mengguakan Mobile Backend as a Service untuk mempercepat siklus development mereka. 

Baca : Boost Your Android App With Mobile Backend as a Service

 

Tantangan 3 : Pengembangan Teknologi


Pengembangan mobile app terutama diklasifikasikan menjadi dua jenis:1) pengembangan aplikasi asli, dan2) pengembangan Hybrid aplikasi.aplikasi asli yang sengaja dibangun untuk platform tertentu (seperti Apple iOS, Google Android, Window Windows Phone atau Blackberry). aplikasi asli umumnya ditandai dengan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kinerja aplikasi yang unggul diberikan mereka dirancang, dikembangkan dan hidup dalam sebuah sistem operasi, sebagai lawan web.  


Kerugian utama dari aplikasi? Anda harus mengembangkan aplikasi untuk setiap platform, yang memakan waktu dan tidak tepat biaya efektif waktu.Aplikasi mobile hibrid biasanya dikembangkan menggunakan HTML5 dan dapat diinstal pada perangkat mobile, tetapi mereka dijalankan melalui web browser. perkembangan aplikasi mobile hybrid mengurangi waktu untuk membangun dan aplikasi pasar di beberapa platform. Di sisi lain, meskipun, aplikasi hybrid bisa lag dalam kinerja, dan Anda mungkin harus mengorbankan beberapa fitur kunci.

Baca : 5 Strategy Tips Before You Launch Your Mobile Apps

 

Tantangan 4: Pengguna UI/UX


Untuk alasan yang jelas, UI / UX keprihatinan utama bagi pengembang aplikasi mobile. Tantangan pertama Anda harus dilakukan dengan menciptakan pengalaman terbaik klien mungkin. Tapi, kekhawatiran lain adalah fickleness klien tentang fungsi aplikasi mobile, serta terus berubah preferensi estetika mereka. Sebagai pengembang aplikasi enterprise, tantangan lain bagi Anda adalah variabilitas dari platform yang berbeda tergantung pada ukuran layar, resolusi, dan teknologi. 


Gagal untuk mempertimbangkan semua ini dapat mengakibatkan pengalaman klien unintuitive dan rumit, yang mungkin lebih mengarah pada adopsi rendah di pasar. Untuk mengatasi tantangan ini, Anda harus mempertimbangkan persyaratan OS yang berbeda, memperbaiki bug sering, dan menggunakan ikon dan tombol hardware utama (seperti "rumah" atau "menu") untuk membuat aplikasi Anda lebih intuitif. Membuat aplikasi yang dapat digunakan di beberapa platform, dan membawa lebih banyak pilihan interaktif seperti gemetar, miring dan flipping.

Baca : Things To Do in UI and UX Design for Mobile Apps

 

Tantangan 5: Manajemen Konten dan Keamanan


Kebutuhan untuk konten aplikasi mobile yang terus berkembang dan semakin dinamis. Selain teks, ada permintaan untuk gambar, video, dan animasi dalam konten aplikasi. Tantangan datang dalam bundling semua ini menjadi file ekspansi monolitik, yang diperlukan untuk beberapa toko aplikasi.  


Ada beberapa solusi manajemen konten ponsel di luar sana, sehingga percobaan dengan beberapa. Selain manajemen konten, perhatian utama lainnya untuk perusahaan pengembang keamanan untuk konten tersebut.Biasanya, kemampuan untuk mengakses konten aplikasi datang dengan peluang besar untuk kedua perusahaan dan klien mereka. Namun peluang juga membawa takut penyalahgunaan informasi. Inilah sebabnya mengapa beberapa perusahaan mengunci aplikasi mereka dengan solusi manajemen perangkat mobile, yang bila salah digunakan, menyebabkan pengalaman klien miskin.  

Di sisi lain, karyawan tidak suka terlalu banyak kontrol pada jaringan perusahaan dan lebih dari perangkat mereka sendiri.Anda dapat melihat masalah.Sebagai pengembang aplikasi seluler perusahaan, aplikasi Anda harus berusaha untuk datang dengan rencana yang tepat otentikasi, validasi sisi server, dan enkripsi data penting untuk mengatasi masalah keamanan ini.  

Sangat penting bahwa keamanan Anda fleksibel, dan cukup berbeda dari satu perusahaan ke yang lain. Misalnya, tingkat keamanan dan otentikasi yang Anda butuhkan untuk aplikasi perbankan benar-benar berbeda dari yang untuk toko online.