Cara Membuat Mobile Aplikasi yang Berkualitas untuk User


Maraknya aplikasi mobile berdampak pada semua industri dari startup hingga ke perusahaan. Dari E-commerce hingga manajemen aset, semua menghasilkan aplikasi mobile untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka. Berdasarkan Gartner, perkembangan dari aplikasi mobile akan melebihi kapasitas pembangunan dengan perbandingan 5:1.

Gartner memperkirakan penjualan ponsel akan mencapai 2,1 miliar unit pada 2019, hal inilah yang akan memicu permintaan mobile aplikasi dalam perusahaan untuk memenuhi prodiktivitas yang tinggi dan kebutuhan konsumen. Aplikasi ini menciptakan data yang berharga bagi perusahaan untuk dijadikan acuan analisa konsumen mereka. Perusahaan dapat melihat apa yang pelanggan mereka suka dan butuhkan.

Tapi masalahnya adalah, bagaimana memastikan pelanggan Anda untuk men-download aplikasi Anda? Atau pertanyaan lainnya adalah, bagaimana untuk menjaga pelanggan Anda tetap menggunakan aplikasi Anda terus menerus?

Anda tentunya membaca artikel ini mencoba untuk mencari tahu apa yang membuat sebuah aplikasi digunakan oleh semua orang, hal pertama yang harus ada di pikiran Anda sebelum membangun aplikasi adalah Anda harus lebih memperhatikan nilai aplikasi Anda dibandingkan menambah semua fitur yang pelanggan mungkin tidak butuh.

Berikut adalah beberapa tips dalam menciptakan aplikasi mobile yang berkualitas untuk pelanggan Anda:

1. Tampilkan Nilai dari App Anda

Pengguna Anda akan senang ketika mereka bisa melakukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat. Tunjukkan kepada mereka apa yang sebenarnya mereka butuhkan dengan jelas di awal aplikasi Anda dibuka. Tempatkan call to action di depan, highlight bagian aplikasi Anda yang merupakan fungsi utama dan tunjukkan beberapa fitur tanpa harus memberondong pengguna dengan tampilan fitur. 

Dengan meletakkan semua bersama-sama di tempat yang tepat, Anda bisa mengurangi kebingungan pengguna yang akan menggunakan aplikasi Anda. Dengan begini, mereka tidak akan langsung menghapus aplikasi Anda.

2. Tombol Display Search

Semua orang menyukai fitur yang mampu menemukan sesuatu secara otomatis, tapi tidak semua orang memerlukannya. Beberapa pelanggan lebih memilih untuk mencari kebutuhan mereka dan menggunakan tombol pencarian. Mereka lebih memilih untuk menjelajah. Jika tombol pencarian aplikasi Anda susah ditemukan, itu akan menyebabkan pelanggan kurang menyukai aplikasi Anda.

3. Pilihan Filter dan Urutkan untuk Lengkapi Tombol Cari

Selain memiliki fitur pencarian untuk memudahkan pelanggan Anda, buat aplikasi Anda lebih mudah bagi pengguna dengan memberi fitur pencarian berdasarkan spesifikasi yang mereka inginkan. Saya pribadi akan secara langsung klik tombol pencarian dan memilih apa warna sepatu yang saya cari dibandingkan menjelajah di setiap aplikasi E-commerce. Filter dan memilah opsi dapat membantu pengguna mengatur hasil yang mereka inginkan.

Orang men-download aplikasi karena mereka ingin menemukan sesuatu yang mereka butuhkan. Maka, buatlah aplikasi Anda berharga dengan melengkapi tombol pencarian Anda dan bantu pengguna menemukan langsung apa yang mereka butuhkan.
Baca Juga: How to Change Password for Android Mobile Apps

4. Tunjukan Manfaat untuk User saat Mereka Mendaftar

Tidak salah rasanya jika kita selalu ingin manfaat untuk segala sesuatu yang kita lakukan. Termasuk ketika Anda memberikan email Anda, nama, nomor telepon, dan semua data ke aplikasi acak yang baru saja Anda download. Beberapa orang mungkin hanya mendownload dan menghapus aplikasi segera. Tapi, cerita yang berbeda jika Anda memberikan manfaat yang jelas bagi pengguna.

Tunjukkan kepada mereka apa yang akan mereka dapatkan ketika mereka mendaftar dan tunjukkan kepada mereka dengan cara yang sederhana. Dengan sederhana yang saya maksudkan di sini adalah jangan terlalu terburu-buru di awal, biarkan mereka menikmati aplikasi Anda lalu minta feedback mereka pada akhirnya jika mereka menyukainya dan ingin mendaftar untuk mendapatkan lebih banyak manfaat.

5. Dapatkan Feedback Pengguna

Kurangnya feedback dapat menyebabkan pengguna mempertanyakan apakah permintaan mereka telah diproses atau belum. Aplikasi yang menyediakan feedback langsung akan mengurangi dampak pengguna bertanya-tanya tentang status request mereka.

Feedback secara langsung membuat pelanggan merasa mereka tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Satu-satunya orang yang bisa memutuskan apakah aplikasi Anda bermanfaat atau tidak adalah pengguna Anda.
Baca Juga: 5 Tips Before Developing Mobile Apps

Tapi Anda masih bisa memutuskan apakah aplikasi bermanfaat atau tidak untuk mereka dengan memberi fitur yang mereka butuhkan.