Malas Membaca Adalah Penyebab Awal Coding-mu Jorok




Saya sering kali bertemu dengan developer developer baik mobile app, web app, atau hanya di sector backend dan UI/UX. Setiap hari saya bertemu dengan mereka, mendengar keluh kesah mulai dari hal teknis hingga hal hal tabu (misal ngomongin hantu, perempuan, hingga gibah sana sini).

Karena kehidupan sehari hari yang selalu bertemu dengan para coder, saya mulai memperhatikan apa yang sedang mereka kerjakan. Satu hal yang saya sedikit heran. Banyak sekali programmer yang Malas Membaca, apa lagi yang pake Bahasa Inggris.

Baca :  5 Kondisi Ini Yang Membuat Codingmu Makin Professional

Lebih parah lagi mereka Males Baca Docs Program atau Manual Sheet dari penyedia layanan / platfrom. Woww... ada apa yah, saya memang bukan programmer, tapi insya allah masih gak bisa di kibulin lah sama baris code yang jorok.

Baca : 3 Strategi Cerdas Startup Untuk Membangun Aplikasi Lebih Cepat

Guys, maaf yah kalau hal ini akan membuat kalian kurang suka, tapi semoga ini semua bisa menjadi pembelajaran termasuk saya... Dan semoga yang saya tulis kali ini menjadi inspirasi baru buat kalian.

Belajar-Rajin ke Submit Coding ke Gihub. 


Kalau kalian memang jago, buat lah satu-dua project yang bisa dimanfaatkan orang lain, upload ke github dan sebarkan ke forum forum dan group, jangan cuma di Indonesia, tapi ke luar negeri sekalian. Dengan kalian menyebar source code di Github kalian bisa mendapatkan feedback dari orang lain.

Baca : 5 Softskill Penting Bagi Developer Mobile Selain Coding

Jangan punya pemikiran, lo nanti coding saya di ambil orang..Hei guys....yang bisa coding bukan kamu seorang, berkontribusi-lah kalau kalian memang jagoan. Tunjuk-an kalau kalian memang punya talenta.

Pakai 3rd Party Kalau Kamu Gak Sanggup.



Kalau coding dasar ajah kalian udah susah dan sering buat code jorok, ya wajar lah pake 3party. Contoh nih, kalian bikin solusi comment center untuk smart city di kota kamu, maksa bikin email client dan mail server sendiri. Ya ampun.....dul...dul... Kehajar SPAM se jam bubar dah server. (disclamer : bukan berarti kalian gak blh bikin email client sendiri)

Baca : Tips : Memilih Layanan Mobile Backend as a Service (mBaas)

Setiap orang pasti ada batas nya, gunakan platfrom atau layanan lain yang bisa membantu kamu, Fokuslah pada solusi yang kamu bangun, hal teknis boleh kamu handle tapi kalau memang diluar batas kemampuan mu...jangan paksa. karena kamu akan seperti quote dibawah ini.....

Mobil App-mu Bakal Down dalam Hitungan Detik.


"Yang Penting Jalan Dulu" naah itu lah sepertinya terlihat seperti surga dunia yang indah...tapi borok di belakang. Dirty Code alias Coding Jorok bakal berdampak seperti bola salju. Akan membunuh mu seperti bom waktu.

Baca : 5 Hal Penting untuk Menjadi Mobile App Developer Profesional

Kalian tidak akan bisa melayani jutaan traffik user kalau coding kalian jorok. Problem akan muncul bertubi tubi... CPU naik, RAM boros, Storage boros,. Baru diakses 200 orang down daaah.. kayak website-website Dinas Dinas itu...yang vendor nya di kemplang Pimpro nya, alhasil coding asal asal yang mereka pasang.

Baca Docs-nya Jangan Langsung Tanya Melulu


Ini kebiasaan banget programmer males, dikit dikit kirim ticket, dan tanya owner. Mbok ya di baca dl jangan langsung tanya melulu. Kalau docs nya gak lengkap ya wajar lah...tapi kadang di docs udah detail tertulis lengkap masih ajah tanya hal hal sepele.

Bukan nya gak mau menjawab (Perhatian! baca dulu semua jgn negatif dulu..), tapi itu menandakan tingkat kemalasan kalian. Pada dasarnya kalian itu harus teliti seperti akuntan, mereka gak mau kehilangan 2 digit dibelakang (koma) karena akan mengakibatkan hitungan keuangan akan berantakan. Nah pake idealisme ya ya kawan...seperti akuntan tadi.