Apa itu Design Sprint? Dan Bagaimana Metode Ini Membantu Kita


design sprint

Bagaimana jika Anda dapat mengidentifikasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan bisnis penting melalui desain, membuat prototipe solusi, dan menerapkannya kepada khalayak nyata - semua dalam satu minggu? Percaya atau tidak, itu bisa dilakukan. Ini adalah konsep Design Sprint yang efisien, sangat fokus, dan menarik.

Istilah ini dibuat populer dalam dekade terakhir dengan booming popularitas Scrum dan metodologi Agile lainnya. GV (sebelumnya Google Ventures), IDEO, Stanford Institute of Design, dan beberapa agensi serta institusi desain dan produk lainnya terlibat dalam pengembangan dan evolusi Design Sprint.

Di Planet Argon, kami telah mempelajari buku Design Sprint: Buku Panduan Praktis untuk Membangun Produk Digital Luar Biasa karena kami menerapkan Design Sprint ke dalam pekerjaan kami dengan klien.

Buku ini memecah desain menjadi lima fase setelah persiapan untuk sprint:


  1. Understand (meninjau latar belakang dan wawasan pengguna)
  2. Diverge  (brainstorming apa yang mungkin)
  3. Converge (solusi peringkat, pilih satu)
  4. Prototipe (buat konsep minimum yang layak)
  5. Test (amati apa yang efektif untuk pengguna)

Ini adalah metodologi yang kami ikuti ketika kami berkolaborasi dengan klien di Design Sprint. Dalam waktu singkat, sering hanya satu atau dua minggu, kami dapat bersama-sama untuk lebih memahami masalah pelanggan nyata dan solusi yang paling efektif.

Siapa yang bisa mendapat manfaat dari Design Sprint?

Kasus penggunaan yang paling jelas untuk Design Sprint adalah di awal proyek. Jika Anda baru memulai usaha bisnis baru, Anda ingin mengurangi biaya overhead potensial di jalan dengan mencegah asumsi dan kesalahan yang mahal.

Namun, proyek yang lebih matang juga dapat memperoleh manfaat dari Design Sprint untuk meluncurkan pembaruan, memperluas ke audiens baru, atau pivot untuk keputusan bisnis yang lebih cerdas. Mulai dari startup hingga divisi dalam perusahaan yang sudah berumur puluhan tahun, dan nirlaba untuk perusahaan teknologi, berbagai layanan dan produk dapat memperoleh manfaat dari Design Sprint yang terfokus.

Bagaimana Anda memulai Design Sprint?

Langkah paling penting dalam Design Sprint bisa dibilang dimulai sebelum hari pertama, ketika Anda membeli dari para pemangku kepentingan dan waktu yang disisihkan untuk sprint Anda. Nilai Design Sprint terletak pada fokusnya. Anda perlu tim yang berdedikasi dan beragam, tantangan kanan (taruhan tinggi), dan gangguan terbatas. GV memaparkan langkah-langkah yang harus diambil sebelum memulai sprint Anda dalam pengaturan daftar tilik tahap ini.

Sangat penting bagi para pemangku kepentingan bernilai tinggi di perusahaan Anda untuk membeli ke dalam proses Design Sprint. Menutup tim di ruang perang selama lima hari untuk menyelesaikan masalah sering kali akan disambut dengan skeptisisme jika Anda secara historis beroperasi dalam siklus pengembangan dan desain air terjun atau bergerak lambat.